Rabu, 22 Oktober 2014

Perkembangan Teknologi Informasi



Teknologi Informasi merupakan suatu hasil karya cipta manusia di era modern. Terwujudnya kehidupan yang lebih baik merupakan salah satu faktor pendorong manusia menciptakan suatu teknologi, faktor lain yang cukup mendorong manusia menciptakan sebuah teknologi ialah keinginan manusia untuk memudahkan pekerjaan mereka dan selalu terhubung dengan rekan kerja dan keluarga setiap saat setiap waktu. Oleh karenanya teknologi terus dikembangkan hingga sekarang dan bahkan perkembangan teknologi ini tidak semua orang mampu untuk mengikutinya karena banyaknya teknologi yang ditawarkan.
Saat ini teknologi informasi masih berkembang pesat di segala aspek kehidupan, baik itu dalam kegiatan ekonomi, politik, militer, budaya hingga pertanian. Dan perkembangan teknologi ini belaku di semua tempat dan daerah, seperti halnya terdapat warung telephon (wartel) dan warung internet (warnet) hampir di setiap desa yang terpencil. Dan bahkan jaringan telephon selular juga telah menyebar hampir terjangkau di semua wilayah.
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
Teknologi Informasi telah berkembang sejak zaman dahulu, hal itu tidak dapat kita pungkiri karena penerapan teknologi yang ada saat ini merupakan hasil pemikiran dan angan-angan pada zaman dahulu. Saat itu, mungkin orang akan bingung bagaimana ia dapat berkomunikasi dengan kerabat atau keluarganya yang jaraknya mungkin seribu kilometer, namun dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, sepertinya batas, jarak dan waktu itu menjadi hilang dan tidak menjadikan suatu masalah yang berarti. Berikut sejarah perkembangan teknologi informasi dari masa ke masa:
1.      Teknologi Informasi ini ternyata telah ada sejak tahun 3000 SM. Pada saat itu Bangsa Sumeria membuat sebuah tulisan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Simbol Atau Huruf-huruf ini Juga Mempunyai Bentuk Bunyi (penyebutan) Yang Berbeda Sehingga Mampu Menjadi Kata, Kalimat, dan Bahasa.
2.      Teknologi informasi ini pun terus berkembang, hingga pada tahun 500 SM, Manusia Sudah Mengenal Cara Membuat Serat Dari Pohon Papyrus Yang Tumbuh Di Sekitar Sungai Nil. Serat Papyrus Dapat Digunakan Sebagai Kertas. Kertas Yang Terbuat Dari Serat Pohon Papyrus Menjadi Media Untuk Menulis Atau Media Untuk Menyampaikan Informasi Yang Lebih Kuat Dan Fleksibel Dibandingkan Dengan Lempengan Tanah Liat Yang Sebelumnya Juga Gigunakan Sebagai Media Informasi.
3.      Tahun 105 M Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini Juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan balok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap
4.      Kemudian di era modern Pada tahun 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu. b. Tahun 1830 Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang di desain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis dari pada bersifat digital.
5.      Tahun 1837 Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat dikirim dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh, sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam. Kemudian, Morse membangun peralatan relai yang di tempatkan di setiap 32 km dari stasiunsinyal. Relai tersebut berfungsi untuk mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya. Relai terdiri dari sakelar yang di operasikan secara elektro magnetik. Sistem telegraf kemudian segera digunakan untukbisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk perjalanan kereta api.
6.      Pada tahun 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka
7.      Pada tahun 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro Sensus tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis .
8.      Pada tahun 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Tahun 1939 Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih.
9.      Tahun 1973 – 1990 Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency).
10.  Tahun 1991 – Sekarang. Perkembangan internet telah mulai berkembang dengan pesat semenjak adanya computer yang mulai dikomersilkan kepada publik. Banyak sekali pengembang-pengembang aplikasi bermunculan dan menawarkan produknya untuk bisa diakses menggunakan koomputer yang tentunya akan memudahkan pekerjaan mereka seperti munculnya aplikasi pengetik dokumen Microsoft, aplikasi yang berhubungan dengan Interne Google, Yahoo, hingga aplikasi perancangan gedung. Tak hanya di bidang komputer, pada masa kini perkembangan juga menjalar pada alat telekomunikasi yakni Handphone yang dapat dipakai dimana saja dan sangat fleksibel. Dan perkembangan teknologi informasi ini terus berlangsung hingga suatu saat nanti.

Itulah perkembangan teknologi informasi sejak zaman dahulu hingga sekarang. Dewasa ini teknologi informasi sudah berkembang sangat cepat, untuk spesifikasiinformasi, diawali dengan brik, dimana brik dulu digunakan sebagai alat komunikasisebelum adanya telegram. Setelah kemunculan brik dan telegram kemudian disusuldengan adanya telephone near kabel, kemudian disusul lagi dengan adanyahandphone (HP), dimana sekarang handphone sudah menjadi alat komunikasi globalyang terus menerus mengalami modifikasi-modifikasi atau penyempurnaan-penyempurnaan sehingga sekarang ada beberapa system dalam handphone, yaitu android, java, symbian, dan ada yang dikenal dengan smartphone. Dalam proses perkembangan teknologi informasi tersebut, computer juga mengalami regenerasi. Kemunculan komputer juga merupakan titik awal kemunculan internet yang menjadikan batas Negara dan waktu menjadi hilang karena semua orang bisa mengakses hanya melalui satu alat saja dan duduk di depan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar